Karakteristik tarian tradisional : LetsMix
Karakteristik tarian tradisional : LetsMix

Karakteristik tarian tradisional : LetsMix

Pengetahuan tentang karakteristik wilayah Jawa Barat untuk mengenalnya lebih baik

Tentunya ada ciri-ciri wilayah  Jawa Barat  yang perlu Anda ketahui  agar dapat mengenal provinsi ini lebih dekat. Seperti yang kita ketahui, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang banyak menarik perhatian dimana ibukota Bandung merupakan destinasi wisata bagi berbagai jenis masyarakat.

Tentu ada hal menarik di provinsi ini yang membuat banyak orang menantikan untuk beristirahat di tempat itu.  Bagi anda yang  ingin mengenal tempat ini lebih dekat, anda perlu mengetahui beberapa ciri khas yang dimiliki dimana setiap daerah di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Mengetahui karakteristik tersebut, Anda bisa mengenal area ini lebih dalam. Bersama dengan pengetahuan tentang karakteristiknya, Anda dapat mengetahui bahwa semua daerah di Indonesia sangat unik. Berikut beberapa ciri khas wilayah Jawa Barat yang harus  Anda ketahui di mana membedakan provinsi ini dengan yang lain.

Tentu saja, karakteristik ini dikenal tidak hanya oleh orang luar, tetapi juga oleh penduduk asli dari Jawa Barat. Apalagi di provinsi ini banyak kabupaten yang memiliki keunikan tersendiri. Sayang sekali sebagai warga negara Indonesia anda tidak mengetahui keunikan masing-masing daerah.

Apalagi karakteristik Jawa Barat tidak hanya dari segi budaya, tetapi juga dari segi seni kulinernya. Dengan informasi seperti ini , Anda bisa mengetahui bahwa Indonesia sangat kaya akan budaya dan masakan.

Namun yang sangat disayangkan adalah banyak anak muda yang tidak tahu apa-apa tentang Indonesia bahkan tentang daerah tempat mereka tinggal sendirian. Kondisi ini, jika tidak dicek, bisa membuat generasi muda kehilangan rasa cintanya terhadap negaranya.

Penggunaan bahasa daerah setiap hari

 Salah satu ciri khas wilayah Jawa Barat adalah penggunaan bahasa daerahnya dalam kehidupan sehari-hari, karena kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak suku, sehingga bahasa daerah  juga  banyak  . Oleh karena itu, tidak heran meskipun merupakan satu pulau, ada banyak dan berbeda bahasa daerah.

Untuk Jawa Barat sendiri juga memiliki bahasa daerah yang istimewa, yaitu Sunda. Tentu saja, bahasa Sunda memiliki kosakata yang berbeda dengan bahasa lain sehingga mudah untuk membedakannya. Selain itu, bahasa ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari selain bahasa Indonesia.

Dengan demikian, penggunaan bahasa ini juga tidak dibatasi hanya oleh orang Sunda, tetapi digunakan oleh semua orang di Jawa Barat. Karena penggunaan bahasa ini sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, karena bahasa tersebut merupakan salah satu ciri khas wilayah Jawa Barat, ketika anda sedang  ramai dan menggunakan bahasa Sunda, sesama suku pasti akan tahu bahwa  anda berasal dari Jawa Barat hanya dengan berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut.

Oleh karena itu, tidak heran jika mengetahui bahwa seseorang berasal dari suatu daerah berarti melihat bahasa yang digunakan sehari-hari. Meski saat ini banyak masyarakat yang menggunakan bahasa Indonesia, namun penggunaan bahasa daerah tetap dilakukan agar tetap bertahan dan tidak mengikis cuaca.

Karena jika suatu bahasa daerah ditinggalkan, sangat disayangkan bagi generasi selanjutnya dimana mereka tidak mengetahui bahasa asli sukunya. Padahal, penggunaan bahasa inilah yang membedakan satu suku dengan suku lainnya.

Fitur karakteristikalat musik

Ciri khas lain dari wilayah Jawa Barat yang bisa Anda lihat adalah alat musik. Tentunya setiap daerah memiliki alat musik tersendiri yang bisa menjadi identitas daerah tersebut, begitu juga dengan Jawa Barat. Untuk daerah ini saja, pasti semua orang tahu salah satu alat musiknya yang khas, yaitu angklung. Angklung sendiri merupakan alat musik tradisional bambu.

Bahkan, banyak sekolah, termasuk sekolah dasar di  Jawa Barat, yang harus menyediakan alat musik tradisional ini. Apalagi bermain juga berbeda dengan alat musik modern seperti sekarang, karena hanya gemetar akan menciptakan suara tertentu. Bahkan, karena popularitas instrumen, ia dikenal secara internasional.

Selain angklung, ada alat musik seruling  yang masuk dalam ciri khas  Jawa Barat. Jika dilihat dari bahannya, hampir sama dengan angklung yang terbuat dari bambu. Namun yang membedakannya bisa dilihat dari bentuknya dimana seruling hanya terbuat dari 1 bambu. Dimana alat musik ini juga memiliki lubang yang nantinya berfungsi untuk mengatur nada.

Tentu saja, jumlah lubang pada instrumen ini juga tergantung di mana ia disesuaikan berapa banyak trek yang akan disertai. Namun, secara umum, hanya ada 4 lubang di seruling. Karena kekhasan alat musik ini, lagu-lagu sunda harus diiringi seruling ini. Bahkan, tidak jarang ketika seseorang berada di sawah bersenang-senang maka mereka akan memainkan seruling.

Karakteristik Bagian Makanan

Tidak dapat dipungkiri bahwa karakteristik Jawa Barat  juga tercermin dalam makanannya, ada banyak makanan khas yang dimiliki bahkan ada di luar wilayah  Jawa Barat   . Kondisi ini menunjukkan bahwa ada banyak orang yang menyukai makanan khas di provinsi tersebut. Sebut saja batagor atau siomay yang merupakan salah satu jajanan  khas  Jawa Barat  yang mudah ditemukan di bagian luarnya.

Makanan terdiri dari daging ikan dan dibungkus dengan kulit dan tahu lumpia dan memberikan rempah-rempah kacang. Selain jajanan kaki lima, ada juga jajanan khas seperti blok Menes. Blok Menes sendiri merupakan makanan khas yang terbuat dari singkong dan kelapa parut yang berfungsi sebagai serutan. Camilan inisendiri mengibaratkan dua jenis, yaitu blok mayat dan blok menes.

Selain itu, ada beras onkom yang sangat populer bahkan masuk dalam salah satu ciri khas  Jawa Barat yang berasal dari Tasikmalaya. Nasi oncom sendiri merupakan nasi yang dicampur dengan bawang bombay atau digoreng. Selama proses pencampuran, tidak hanya dicampur, tetapi juga menunggu agar oncom dan nasi tercampur merata.

Selain itu, ada jajanan seperti serabi hijau yang merupakan makanan khas Karawang. Tentu saja serabi ini berbeda dengan yang lain karena proses produksinya hampir mirip, namun ada tambahan sujileaves untuk membuat warnanya lebih hijau. Tentunya penggunaan daun ini untuk menghindari penggunaan pewarna makanan agar aman saat dikonsumsi.

Karakteristik tarian tradisional

Ciri  khas Jawa Barat juga tercermin pada bagian tari tradisional yang jumlahnya banyak. Salah satu tarian tradisional yang berasal dari wilayah di  Jawa Barat, lebih khusus Cirebon, adalah tarian dengan topeng. Dimana kesenian ini memiliki makna yaitu kisah kawanan sunan gunung ketika ingin menguasai kota Cirebon. Namun saat itu terjadi serangan yang dilakukan oleh Pangeran Welang sehingga akhirnya terjadi perang.

Penggunaan topeng dalam tarian ini memiliki 13 warna dimana masing-masing spesies memiliki karakteristik yang berbeda dan menggunakan warna. Namun, belakangan ini banyak yang hanya menggunakan warna merah putih, dan penggunaan masker juga telah disesuaikan dengan tema acara yang diadakan. Selain tarian topeng, ada juga tarian merak yang terinspirasi dari burung merak.

Burung merak sendiri merupakan simbol mahkota sehingga penari akan menggunakan mahkota saat beraksi. Tarian ini akan diiringi dengan musik gamelan yang dimainkan oleh tiga orang. Tentu saja, tarian ini sangat populer bahkan di luar negeri. Selain tarian atas, ada juga tarian jaipong yang sudah sangat populer.

Namun, tarian ini menuaikontroversi karena gerakannya cukup sensual, namun belakangan ini sudah mulai menjaga dirinya kembali. Oleh karena itu, inilah beberapa karakteristik yang ingin  dicapai oleh provinsi ini.   Saya tidak heran dengan terwujudnya karakteristik Jawa Barat  yang dapat membantu melestarikannya agar generasi mendatang mengetahui adat istiadat budaya daerah atau karakteristik Jawa Barat tidak hilang zamannya.

Read More :